Pendaratan Otomatis Quadcopter Pada Platform Yang Bergerak Menggunakan Neuro Fuzzy

N Hanafi, Mochammad Rameli, Rusdhianto Effendi

Abstract

Perkembangan teknologi UAV khususnya pesawat rotary wing yaitu pesawat sayap berputar semakin pesat. Quadcopter merupakan pesawat yang memiliki empat buah motor yang dikendalikan secara terpisah. UAV quadcopter dirancang untuk dikendalikan dari jarak jauh dengan atau tanpa pilot. Pada penerbangan fase landing merupakan fase paling kritis, dimana resiko terjadinya kecelakaan sangat besar terlebih pendaratan pada tempat yang bergerak ritmik. Permasalahan muncul karena banyak kendala seperti struktur rangka yang kecil, peningkatan beban dan kecepatan angin yang berubah sehingga menjadikannya sulit untuk dikendalikan.Penggunaan algoritma kontrol neuro fuzzy yang mengolah sinyal kesalahan untuk digunakan mendarat pada tempat pendaratan yang bergerak ritmik tepat disaat posisi pada landing pada keadaan mendatar. Pada proses auto landing quadcopter on moving platform berfrekuensi 0.1Hz yang merepresentasikan gerakan gelombang air laut dibutuhkan kestabilan, kestabilan quadcopter untuk pitch dan roll dibutuhkan kontroler PD. Parameter PD kontroler, PD pitch dan roll dari tuning terstruktur simulasi di dapat konstanta Kp=500 dan Kd=30. Kendali pendaratan di tempat bergerak menggunakan neuro fuzzy pada simulasi quadcopter mampu landing dalam waktu 10 detik dari awal ketinggian 4 meter. Pada implementasi pendaratan lebih cepat dalam waktu 5 detik dari ketinggian 4 meter.

Full Text:

PDF

References

F.Saghafi, S. M. Esmailifar, Automatic Landing of Small Helicopter on 4 DOF Moving Platforms. JAST Vol. 4, No.4 pp37-36, (2007).

Matilde Santos, Victoria Lopez and Francisco Morata, Intelligent Fuzzy Controller of Quadrotor. Intelligent System and Knowledge Engineering International Conference. Page 141 – 146, (2010).

Tomasso Bresciani, Modelling Identification and Control Of a Quadrotor Helicopter, Master Thesis, Lund University, (2009).

Srikanth Saripalli and Gurav S. Sukhatme, Landing a Helicopter on Moving Target, IEEE International Conference on Robotics and Automation, Roma, (2007).

T. Abdelhamid and Stephen McGilvray, Attitude Stabilization of a VTOL Quadrotor Aircraft, IEEE, (2006).

Fadjri Andika Permadi, “Perancangan dan Implementasi Autonomous Landing Menggunakan Behavior-Based dan Fuzzy Controller pada Quadcopter’’, Tugas Akhir, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Surabaya,(2012).

Kardono, “Perancangan dan Implementasi Sistem Pengaturan Optimal LQR untuk Menjaga Kestabilan Hover pada Quadcopter”, Tugas Akhir, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Surabaya, (2012).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.