Analisis Perancangan BTS Hotel pada Kawasan Kampus di Institut Teknologi Sepuluh Nopember Sukolilo-Surabaya

Istas Pratomo, Moh. Imam Rahmat Fahmi, Djoko Suprajitno Rahardjo

Abstract

Data survei pelanggan terkait persepsi kualitas layanan seluler di ITS Sukolilo menyebutkan bahwa 80% pelanggan memberikan persepsi sedang-buruk terhadap layanan seluler berbasis data. Salah satu penyebabnya adalah kondisi Kampus ITS Sukolilo sebagai daeah urban dimana banyak bangunan dan gedung bertingkat yang mengakibatkan banyaknya shadow area. Distributed Antenna System atau dikenal dengan BTS Hotel menawarkan teknologi base station yang dipusatkan pada satu lokasi yang akan melayani beberapa remote site. Pada setiap remote site tersebut akan dihubungkan langsung oleh sebuah single fiber untuk menjangkau area yang tidak bisa terlayani maksimal. Tujuan dari perancangan ini adalah untuk merancang BTS Hotel di Kampus ITS Sukolilo sebagai solusi dari perluasan area layanan dan peningkatan kapasitas layanan dengan melakukan perencanaan capacity planning, coverage planning dan jaringan fiber optic. Hal ini dilakukan untuk mengestimasi jumlah pole dan luas cakupan dari setiap sel serta topologi jaringan fiber optic. Hasil perancangan menggunakan               A Multiple-Carrier Multiple-Technology configuration. Nilai OBQ yang didapat dari perancangan sebesar 27,95 Mbps/Km2 untuk jaringan 3G UMTS dan 10,51 Mbps/Km2 untuk jaringan 4G LTE. Jumlah pole dari hasil perancangan sebanyak 14 pole, dengan luas cakupan 0,098 Km2/sel dan radius 194,5 m. Sedangkan untuk jaringan fiber optic, menggunakan Single Mode Multi Core Fiber Optic dengan 16 core yang membutuhkan panjang total kabel sekitar 7.035 m

Full Text:

PDF

References

Anonim, Estimation of UMTS Cell Range based upon Link Budget, Motorola.

Anonim, LTE Link Budgets, Telcom Academy Training Excellence, Informa Telecoms & Media.

Anonim, Metro Coverage Solutions: An Overview of Cellular Coverage in Metros, axell wireless.

Anonim, Huawei Small Cell Solution, Huawei Technologies Co.LTD.

Anonim, 2009, LTE Link Budget Introduction, Huawei Technologies Co.LTD.

Anonim, 2012, Cell Coverage Area and Link Budget Calculation in GSM System, International Journal of Modern Engineering Research (IJMER). Vol.2.

Anonim, 2012, Modul, Wireless Communication System; Modul 12 Capacity Planning, Faculty of Triaktora, M.H., Usman, U.K.. dan Munadi, R., 2014, Analisa perencanaan jaringan Long Term Evolution Indoor di Stasiun Gambir.

Ariansyah, Kasmad, 2014, Proyeksi Jumlah Pelanggan Telepon Bergerak Seluler di Indonesia, Puslitbang Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika, Jakarta.

Braithwaite, Chris and Scott, Mike, UMTS Network Planning and Development; Design and Implementation of 3G CDMA Infrastructure.

Dahlman, E., Parkvall, S. and Skold, J., 4G LTE/LTE-Advanced for Mobile Broadband, Elsevier.

Electrical Communication, IT Telkom, Bandung.

Elliot, Barry and Gilmore, Mike, Fiber Optic Cabling, Second Edition.

Hermawan, Radit, Jenis-jenis Topologi Jaringan.

Hayashi, Testuyu and Taru, Toshiku, Multi-core FIber fo High-Capacity Long-Haul Spatially-Multiplexed Transmission.

ITS, 2012, Ringkasan Laporan Tahunan Rektor ITS 2012

ITS, 2013, Laporan Tahunan ITS 2013.

ITS, 2014, Rencana Strategis Institut Teknologi Sepuluh Nopember Tahun 2014-2018.

K, Purnima and Singh, R.K, 2012, Cell Coverage Area and Link Budget Calculation in GSM System, International Journal od Modern Engineering Research (IJMER). Vol.2.

Natali, Y., Rosai, M. dan Rosiana, Eka S., 2014, Perencanaan Sistem BTS Hotel DCS TSEL 1800 MHz di Area Sentul City, Jurnal ICT Penelitian dan Penerapan Teknologi Akademi Telkom Sandhy Putra Jakarta, Jakarta.

Nealfindra, C.D, Wijanto, H. dan Mufti, N., 2014, Analisis perencanaan BTS Hotel dengan Teknologi GSM dan UMTS di Kota Bandung, Bandung.

Putra, Bagas P., 2015, Analisis Perancangan Hotel BTS pada Mass Rapid Transport di Surabaya, Skripsi, T. Elekto, ITS, Surabaya.

Suryana, Joko, BTS Hotel: Technical Concept and Market Overview.

Sari, Dian K., Regulasi Telekomunikasi; Alokasi Frekuensi Seluler di Indonesia

Suprapto, Danang, CWDM Workshop.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.