Desain Filter Pasif Pada Sistem Kelistrikan Industri Guna Mengurangi Distorsi Harmonisa

Sudibyo Sudibyo, Sjamsjul Anam

Abstract

Kualitas daya listrik merupakan hal penting untuk menjaga stabilitas sistem tenaga listrik. Suatu proses produksi pada bidang industri sangat bergantung kepada peralatan listrik untuk menjaga kelangsungan proses produksinya. Pada saat yang bersamaan, beban yang terdapat pada sebuah industri saat sekarang ini tergantung pada proses elektronika dan kontrol. PT Indopipe Polyplast yang memproduksi pipa jenis ekstrusi polietilena menggunakan motor DC sebagai penggerak utama (main drive) mempunyai permasalahan kualitas daya listrik yang meliputi; faktor daya, harmonisa dan tegangan kedip. Beban tak
linier seperti variable speed drive, rectifier, inverter dan ups. membawa kerugian yaitu memberikan bentuk gelombang yang tidak sinusoidal. Gelombang tersebut terinterferensi dengan gelombang frekuensi tinggi (harmonisa) sehingga menyebabkan gangguan pada sistem tenaga listrik. Rancangan passive filter yang sesuai, berguna mengurangi distorsi harmonisa yang terdapat dalam sistem dan juga berfungsi sebagai kompensator daya reaktif. Sebelum melakukan simulasi maka system yang sudah ada (existing) harus terlebih dahulu direpresentasikan kedalam software ETAP untuk melihat THD tegangan dan THD arus pada kondisi awal. Untuk mencegah timbulnya harmonisa, yang perlu dilakukan rekonfigurasi dari; kapasitor bank, inductor dan resistor sebagai filter pasif.

Full Text:

PDF

References

Edris Abdel, “Series Compensation Schemes Reducing the Potential of Sub Synchronous Resonance “, IEEE Trans. on Power Systems, vol. 5 No. 1. Feb1990. pp. 219-226.

M. Baran, F.F. Wu, “Optimal Capacitor Placement on Radial Distribution Systems”, IEEE Trans. on Power Delivery,V01.4, No.1, Jan. 1989, pp.725-734

J. J. Grainger, and S. H. Lee, “Optimum Size and Locationof Shunt Capacitors for Reduction of Losses on Distribution Feeders” IEEE Trans. on PAS, Vol.100, Marc.1981, pp.1105-1118.

Saadat, Hadi. 1999, Power System Analysis, Mc. Graw Hill, Inc, Singapore.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.