Sistem Pengukuran Badan Pria untuk Menentukan Ukuran Baju Berbasis Kamera Kinect

Djoko Purwanto, Ronny Mardiyanto, Muhammad Soleh Gangsarestu

Abstract

Computer Vision, suatu bidang yang melibatkan metode proses, akuisisi, analisa, dan pengolahan citra berdimensi tinggi dari dunia nyata untuk menghasilkan informasi numerik maupun simbol. Informasi itu dapat digunakan untuk melakukan suatu interpretasi satuan panjang. Interpretasi tersebut dapat dimanfaatkan pada toko baju untuk sebuah sistem pengukuran badan seseorang. Sistem ini dikhususkan untuk mengukur badan pria karena lebih mudah daripada mengukur badan wanita. Penggunaannya dapat mengurangi kerugian baju yang longgar akibat dicoba oleh pelanggan, serta pelanggan akan merasa puas karena proses pengukuran yang cepat dan mendapatkan ukuran yang sesuai. Sistem pengukuran badan pria akan dilakukan pada suatu ruangan yang dilengkapi dengan sebuah kamera kinect, layar monitor, dan unit proses untuk interaksi pengguna dengan sistem. Kamera kinect digunakan karena selain dapat menangkap gambar ia dilengkapi dengan IR projector dan sensor yang dapat memberikan informasi depth. Setelah pengguna memulai sistem, kamera kinect akan mengirimkan informasi gambar serta depth ke unit proses untuk melakukan pengolahan gambar, feature extraction, serta pemrosesan lebih lanjut untuk mengukur panjang, dan lebar badan dari pengguna. Pada layar monitor akan memperlihatkan data hasil pengukuran serta kategori ukuran baju S, M, L, dan XL yang dianjurkan untuk pengguna.

Full Text:

PDF

References

P. Roy, J. Nancy Staples, and J. Steve Davis, “Automatic measurement extraction for apparel from a three-dimensional body scan," in Optics and Lasers in Engineering, Elsevier Science Limited Vol. 28, 1997, pp.157-172.

B. Lv, and Q. Sun Shou “Automatic measurement of scanned human body in fixed posture” in Computer-Aided Industrial Design & Conceptual Design (CAIDCD), IEEE 11th International Conference Vol. 1, 2010, pp. 575-578.

H. Jungong, S. Ling, X. Dong, and J. Shotton, "Enhanced Computer Vision with Microsoft Kinect Sensor,” in Cybernetics, IEEE TransactionsVol. 43, No. 5 2013, pp. 1318-1334.

J.Shotton, A. Fitzgibbon, M. Cook, and T. Sharp, “Real-Time Human Pose Recognition in Parts from Single Depth Images,” in Computer Vision and Pattern Recognition (CVPR), 2011 IEEE Conference, 2011, pp. 1297-1304.

M. M. Deza and E. Deza “Encyclopedia of Distances 3rd Edition,” Springer Berlin Heidelberg, 2014, pp. 100

Refbacks

  • There are currently no refbacks.