Penulisan Pesan Tersembunyi Pada Citra JPEG dengan Metode F5

Eko Pramunanto, Muhtadin Muhtadin, Yanu Perwira Adi Putra, Ahmad Zaini

Abstract

Komunikasi digital rentan terhadap pencurian informasi secara langsung ataupun tidak langsung. Hal ini dapat diatasi dengan beberapa cara, salah satunya dengan teknik steganografi. Steganografi dapat digunakan untuk menyembunyikan pesan teks pada sebuah citra dijital khususnya JPEG. Salah satu metode steganografi yang umum adalah F5.
Metode F5 merupakan metode yang menyisipkan bit data pesan ke dalam bit koefisien DCT hasil kuantisasi yang terlebih dahulu telah dipermutasi. Metode F5 mempunyai keakuratan
penyembunyian pesan teks dan keakuratan descriptory cukup baik, sehingga dapat dimanfaatkan untuk keperluan perlindungan data atau informasi rahasia. Pada penelitian ini
telah dilakukan implementasi metode F5 untuk menyisipkan pesan kedalam citra JPEG, hasil implementasi kemudian dilakukan pengujian kapasitas pesan yang disisipkan terhadap banyaknya variasi warna pada file citra JPEG. Selain itu dilakukan penyisipan pesan berupa pesan ekstensi doc dan citra lain (JPEG) kedalam file citra carier. Dari hasil pengujian
didapatkan bahwa semakin banyak pesan yang disisipkan kedalam file citra akan mengakibatkan banyaknya perubahan bit citra tersebut. Kualitas kompresi citra yang akan disisipi pesan sangat berpengaruh terhadap keberhasilan proses pemisahan pesan, semakin tinggi kualitas kompresi maka semakin rendah prosentase keberhasilan pemisahan pesan dari citra pembawa.

Full Text:

PDF

References

Neil F. Johnson, “Steganography. Technical Report”, November 1995.

Neil F. Johnson, Zoran Duric, Sushil Jajodia, “Information Hiding: Steganography and Watermarking - Attacks and Countermeasures”, Kluwer Academic Press, Norwrll, MA, New York, The Hague, London, 2000.

David Kahn, “The Codebreakers”, The Macmillan Company. New York, NY 1967.

John Loomis, “JPEG Tutorial”, 30 july 1997.

Andrew B. Watson, “Image Compression Using the Discrete Cosine Transform”, Mathematica Journal, 4(1), 1994, p. 81-88, NASA Ames Research Center.

Mr.S. V. Viraktamath, Dr. Girish V. Attimarad, “Impact of Quantization Matrix on the Performance of JPEG”, International Journal of Future Generation Communication and Networking, Vol. 4, No. 3, September, 2011.

Gregory K. Wallace, “The JPEG Still Picture Compression Standard”, Multimedia Engineering, Digital Equipment Corporation, Maynard, Massachusetts, December 1991.

Steven Pigeon, “Huffman Coding, Chapter 1”, Universit´e de Montr´eal.

Sariel Har-Peled, “Huffman Coding, chapter 25”, December 6, 2007.

Andreas Westfeld, “F5—A Steganographic Algorithm - High Capacity Despite Better Steganalysis”

Jessica Fridrich, Miroslav Goljan, Dorin Hogea, “Steganalysis of JPEG Images: Breaking the F5 Algorithm”

Refbacks

  • There are currently no refbacks.