Perubahan Gerakan Formasi Pasukan Dengan Pola Tetap Geometri Berbasis Boids

Fajar Aditiya, Supeno Mardi Susiki Nugroho, Mochamad Hariadi

Abstract

Pada saat ini pergerakan dari agen dalam kelompok secara luas digunakan dalam permainan komputer. Teknik dari pergerakan ini biasanya disebut dengan gerak formasi. Dalam tulisan ini, untuk membangun gerak formasi digunakan formasi geometris tetap. Dimana formasi didefinisikan oleh satu set slot, slot ini akan digunakan karakter dari agen NPC. Semua slot dalam formasi didefinisikan relatif terhadap pemimpin. Perilaku diterapkan dalam gerakan ini, fungsi ini untuk mengontrol agen bergerak ke posisi slot, menyesuaikan kecepatan, dan menghindari tabrakan antara teman dan juga kendala. Perilaku ini menerapkan metode Boids. Untuk mengevaluasi kinerja, digunakan tiga parameter: rasio panjang jalan, rata-rata kesalahan posisi dan waktu untuk pembentukan. Kinerja hasil terbaik dari percobaan dengan memutar, diperoleh dari formasi lingkaran.Hasil kinerja terbaik dari percobaan dengan halangan adalah dengan menggunakan formasi kolom.

Full Text:

PDF

References

Craig W. Reynolds, Flocks, Herds, and Schools: A Distributed Behavioral Model, SIGGRAPH’87, 1987.

Craig W. Reynolds, Steering Behaviors For Autonomous Characters, 1999

Chars River Media, Ai Game Programming Wisdom,2002 hlm 272-281.

Ian Millington And John Funge, Artificial Intelligence For Games, Second Edition, 2009, bab Coordinated Movement hlm 144 - 153.

Tucker Balch And Ronald C. Arkin, Behavior-based Formation Control for Multi-robot Teams, IEEE Transactions On Robotics And Automation, 1999

Game Engine Unity 3, url: http://unity3d.com/

Refbacks

  • There are currently no refbacks.