Penentuan Prioritas Rehabilitasi DAS Menggunakan Algoritma K-Means Clustering

Muhammad Farid Fahmi, Yoyon K Suprapto

Abstract

Ketersediaan informasi mengenai tingkat kekeritisan lahan yang akurat mempunyai arti yang sangat penting dalam program RHL sehingga Priorotas DAS mana yang akan dilakukan rehabilitasi bisa diketahui.Dari permasalahan diatas diperlukan sebuah cara untuk menentukan prioritas DAS yang direhabilitasi. Adapun metode yang digunakan dalam penelitan ini adalah K-Means Clustering.KMeans Clustering memodelkan dataset menjadi klaster-klaster dimana data pada satu klaster yang memiliki karakteristik sama dan memiliki karakteristik yang berbeda dari klaster lain berdasarkan parameter tingkat kekeritisan lahan. Dari penelitian ini diperolah validasi data dengan penghitungan manual sebesar 80.25% serta didapatkan Kelompok DAS dengan skor rendah untuk semua parameter kekritisan lahan sehingga memiliki tingkat kekritisan lahan tinggi dan menjadi prioritas untuk dilakukan rehabilitasi.

Full Text:

PDF

References

Oscar, Johan Ong, “Implementasi Algoritma K-Means Clustering untuk menentukan Strategi Marketing President University”, Jurnal Ilmiah Teknik Industri, Vol.12 No.1, 2013 .

Agustina, Silvia “Clustering kulitas beras berdasarkan ciri fisik menggunakan k-means”, Program studi ilmu computer Universitas Brawijaya Malang, 2014.

Dephut, “P.32/Menhut-II/2009 tentang Tata cara penyusunan rencana teknik rehabilitasi hutan dan lahan Daeah Aliran sungai”. Jakarta, 2009.

Santosa B, "Data Mining : Teknik Pemanfaatan Data untuk keperluan Bisnis," Graha Ilmu-Yogyakarta, 2007.

Santoso, "Statistik Multivariat," Elekmedia Komputindo-Jakarta, 2005.

Prasetyo, Eko, "Data Mining Mengolah Data menjadi Informasi dengan Matlab," Andi-Yogyakarta, 2009

Budiman, Irawan, “Data clustering menggunakan metodologi CRISPDM

untuk pengenalanpola proporsi pelaksanaan perguruan tinggi”.Tesis Magister Sistem Informasi Universitas Diponegoro Semarang, 2012.

Yuhefizar, Budi Santosa, I Ketut Edy P, Yoyon K Suprapto, “Klateriasasi pengunjung web berdasarkan data weblog menggunakan metode K-means”. Seminar nasional Matematika, 2012.

Suiang-Shyan LEE, Ja-Chen, LIN, “ An accelerated K-means clustering algorithm using selection and erasure rules ” , Journal of Zhejiang University-Science, 2012.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.